Nama : Octhaviani Arbaniya
NIM : 43215010271
Mata Kuliah : Sistem
Informasi Manajemen – Pertemuan 2
Dosen Pengampu : Prof.
Dr. Hapzi Ali, CMA
Sistem informasi
dan organisasi memiliki hubungan yang saling terkait satu sama lain. Sistem
informasi harus selalu disesuaikan dengan organisasi, demikian juga dengan organisasi
harus mampu mengoptimalkan sistem informasi sehingga mendapatkan keuntungan
dari teknologi-teknologi yang ada. Sistem Informasi strategis membantu
perusahaan dengan menyediakan produk dan layanan yang memberikan keuntungan
lebih stategik dibandingkan pesaingnya dalam pasar yang kompetitif.
Keunggulan kompetitif merupakan
keunggulan perusahaan untuk berkompetisi dan bersaing dengan perusahaan lainnya
untuk meningkatkan value (nilai) perusahaan baik dalam hal peningkatan laba
maupun citra perusahaan. Direalisasikan apabila sistem informasi suatu
perusahaan dipengaruhi oleh tiga tingkat keunggulan berikut ini :
- Keunggulan Strategi
Adalah keunggulan dimana
perusahaan yang memutuskan untuk mengubah semua data perusahaan yang dimiliki
ke dalam database yang memungkinkan untuk digunakan bersama-sama dengan
pelanggan ataupun partner bisnis, database standart yang bisa diakses melalui
web browser.
- Keunggulan Taktikal
Adalah keunggulan yang
dijadikan sebagai metode membuat dan menyempurnakan strategi menggunakan cara
yang lebih baik dibandingkan dengan cara yang digunakan para pesaing dimana
perusahaan tidak hanya meningktakan kepuasan pelanggan tetapi juga meningkatkan
keuntungan perusahaan.
- Keunggulan Operasional
Adalah keunggulan berhubungan
dengan transaksi dan proses sehari-hari dimana sistem informasi akan
berinteraksi secara langsung dengan proses sehingga dapat meningkatkan hubungan
perusahaan dengan pelanggan.
Setiap
perusahaan harus memastikan bahwa implementasi teknologi dan sistem informasi
pada perusahaan tersebut telah optimal dan berjalan dengan baik. Terdapat
beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan
implementasi sistem informasi, baik faktor teknis maupun non-teknis. Sistem
informasi yang telah berhasil diimplementasikan akan member manfaat bagi
perusahaan, antara lain:
- Mendukung berjalannya proses bisnis dan operasi yang dilakukan para karyawan menjadi berjalan baik. SIM yang terorganisir akan memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.
- Membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Dengan adanya SIM yang baik, informasi akan jelas sehingga dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan langkah yang akan diambil perusahaan.
- Membantu dalam menentukan strategi untuk menciptakan keunggulan dibandingkan kompetitor. Dengan SIM yang baik, maka perusahaan dapat memikirkan langkah-langkah baru yang inovatif agar bisa lebih maju dari para pesaingnya dalam melayani customer.
Pengguna system informasi adalah kita atau
end-user yang tidak mengetahui asal usul dari teknologi yang digunakan. Namun ada
baiknya kita tahu dan mengerti agar menambah pengetahuan kita sebagai pengguna.
Pembahasan kali ini mengenai system infromasi pada Tokopedia.
Tokopedia
adalah mall online di Indonesia yang termasuk dalam kategori Business to
Consumer e-Commerce dimana perdagangan antara perusahaan dan konsumen yang
melibatkan konsumen dalam:
·
Pengumpulan
informasi
·
Pembelian
barang fisik (baju, aksesoris) atau barang informasi (laptop, camera atau
e-book
·
Menerima
produk-produknya melalui jaringan elektronik
Dengan adanya
tokopedia di kalangan masyarakat akan mendorong para pengusaha kecil atau
perorangan (UMKM) untuk mengembangkan
usahanya dan memperluas lingkup dagang
mereka dengan cara memperkenalkan dan menjual produk mereka secara online.
Suatu sistem
terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Lima aktivitas dasar
pengolahan informasi dalam sistem informasi, yaitu:
1. Sumber Daya Input Data (Input)
Pengguna akhir
akan melakukan rekam data tentang transaksi atau memasukkan secara langsung
kedalam sistem komputer, berupa:
a.
Berbagai
produk yang telah tersedia di dalam website.
b. Membuat
akun Tokopedia dengan menginput data diri, seperti: nama, email, tanggal lahir,
jenis kelamin, nomor telepon, password,
ulangi password pada tab "Daftar".
c. Setelah
memiliki akun, selanjutnya dapat Log In melalui Tokopedia, dengan menginput
alamat email dan password.
d. Menginput
informasi pengiriman produk, seperti: nama penerima, alamat, nomer telepon, email, catatan, voucher
diskon,voucher ongkos kirim, gunakan poin.
e.
Memilih
metode pembayaran.
2. Pemrosesan Data kedalam Informasi (Processing)
Hasil data
informasi yang telah dikonversi dari kegiatan mengatur, menganalisis, dan
memanipulasi oleh pengguna akhir,
berupa:
a.
Pengguna
dapat memasukan data yang kemudian di kirim ke server untuk diproses.
b. Setelah
server melakukan input data, pengguna akan diarahkan untuk mengecek kembali
produk yang telah dipilih dan memberi second opinion yang ditawarkan,
seperti warna dan tipe.
c.
Jika
sudah memenuhi semua kriteria, pengguna dapat melakukan transaksi dengan menekan "Beli Sekarang".
d. Sebelum
melakukan pembayaran, pengguna akan log in akun Tokopedia.
e. Pengguna
dihubungkan database bank dan mengambil data
pengguna yang kemudian dari Tokopedia dikirim ke penjual yang terkait.
3. Output Produk Informasi (Output)
Informasi
dalam berbagai bentuk ditransmisi ke pengguna akhir dan membuat ketersediaan
dalam kegiatan output, berupa:
a.
Informasi
detail produk beserta informasi pengiriman barang yang telah selesai diproses.
b.
Pemesanan
selesai dan user perlu menunggu pengiriman pesanan yang telah dipesan.
4. Penyimpanan Data, Model, dan Pengetahuan
Sumber Daya (Storage)
Penyimpanan
adalah sistem komponen utama dari sistem informasi yang melakukan kegiatan
sistem informasi di Tokopedia, berupa:
a. Sumber
daya data (Tampilan ketersediaan produk/barang oleh Tokopedia, Akun Tokopedia,
Biodata pengguna)
b. Informasi
(Hasil pencarian produk dengan menggunakan kolom search yang kemudian
diproses) disimpan dalam sebuah cara pengorganisasian
c.
Sehingga
hasil informasi tersebut dipergunakan (Tampilan akhir berupa informasi detail
produk yang telah dipesan sebagai konfirmasi pembelian).
Gambaran
proses bisnis tokopedia dan flowchart pembelian di Tokopedia. ( Indri, 21:45)
- Proses Bisnis Tokopedia
Proses Bisnis
Tokopedia:pembeli - log in - sukses log in - mencari produk - informasi data
yang dipilih - mengisi data pembelian - mengisi data yang belum lengkap - data
lengkap - memilih metode pembayaran - konfirmasi data dari pembayaran - detail pembayaran
·
Flowchart
dalam membeli di Tokopedia
Referensi:
McLeoad, Jr.,
Raymond & Gearge P. Schell. Management Infromation System. (terjemahan),
Jakarta : PT. INDEKS, 2007. Edisi 10, 2008
Anonim, 2014. https://vpaw.wordpress.com/2014/11/05/komponen-sistem-informasi-manajemen/.
( 5 November 2014)
Gurito, 2015. http://tribiznetwork.com/profiles/blogs/sistem-informasi-pada-perusahaan-pt-kokoh-inti-arebama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar