Nama :
Octhaviani Arbaniya
NIM :
43215010271
Mata Kuliah : Sistem
Informasi Manajemen – Pertemuan 4
Dosen Pengampu : Prof.
Dr. Hapzi Ali, CMA
O’Brien (1996) mendefinisikan
otomatisasi kantor sebagai sistem informasi berbasis telekomunikasi yang
mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan,
dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara individual,
grup-grup kerja dan organisasi.
Sehingga dapat disimpulkan definisi
otomatisasi kantor/office automation (OA) adalah sistem informasi
berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan
mendistribusikan pesan, dokumen, dan komunikasi elektronik lainnya antar
individu, kelompok kerja dan organisasi.
Otomatisasi kantor terdiri atas semua sistem elektronik
formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi
kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusaahan. Orang
yang berada dalam suatu kantor dapat menggunakan otomatisasi kantor
untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di kantor lain dalam suatu
perusahaan, atau dengan orang lain dalam kantor di perusahaan lain.
1. Word processing
Adalah penggunaan peralatan
elektronik yang otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat
dokumen ketik atau cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap
pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat
komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
Misalnya aplikasi Microsoft Word
2. Electronic
mail yang dikenal dengan e-mail
Adalah penggunaan jaringan komputer
untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal
komputer dan peralatan penyimpanan. Misalnya aplikasi mail.yahoo, gmail, tumblr
3. Voice
mail sama dengan electronic mail.
Perbedaannya mengirimkan pesan
dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dapat
menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan.
4. Electronic Calendaring
4. Electronic Calendaring
Adalah penggunaan jaringan komputer
untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer yang
bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, dimana dapat menyusun
terjadinya komunikasi bukan hanya mengkomunikasikan informasi.
5. Audio Conferencing
Adalah penggunaan peralatan
komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang
tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing
tidak memerlukan komputer dan hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi
audio dua arah.
6. Video Conferencing melengkapi signal audio dan signal video.
6. Video Conferencing melengkapi signal audio dan signal video.
Peralatan televisi digunakan untuk
mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang yang berada dalam suatu
lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada dilokasi lain selagi
konferensi dilakukan.Tiga konfigurasi video conferencing (tergantung pada
peralatan yang digunakan), yaitu:
·
Video
satu arah dan audio satu arah.
·
Video
satu arah dan audio dua arah.
·
Video
dan audio dua arah.
7. Computer
conferencing
Adalah penggunaan jaringan komputer,
yang memberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama
proses terjadinya konferensi. Aplikasi ini seperti electronic mail, karena
keduanya menggunakan hardware dan software yang sama. Istilah ‘telecon
ferencing’ digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk
konferensi. Teleconferencing digunakan dalam seluruh proses pemecahan masalah
yang gunanya untuk menukar informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang
memecahkan masalah) yang berada dikota yang berlainan
8. Facsimile Transmission (FAX)
Adalah penggunaan peralatan khusus
yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy diujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan
dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channel-nya dan
pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit dari pada mengoperasikan mesin
fotocopy.
9. Video text
9. Video text
Penggunaan komputer untuk memberikan
tampilan materi tekstual pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk
naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada
komputer. Contoh penggunaan aplikasi Microsoft PowerPoint yaitu aplikasi yang
berguna bagi seseorang yang merencanakan atau membuat presentasi, atau semacam
slide show.
Beberapa jenis perusahaan mempunyai
volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam file agar
informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan. Untuk
mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan
microform, yang berupa microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi
kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image
storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan
untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11.Desktop publishing atau dtp
11.Desktop publishing atau dtp
Adalah pembuatan output tercetak
yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh type setter. Sistem
desktop publishing terdiri atas mikro komputer dengan layar crt yang beresolusi
tinggi, printer laser, software desktop publishing. Penggunaan desktop
publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan
teknis. Penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik akan memberikan
komunikasi yang efektif. Aplikasi DTP terbagi dalam 3 area:
· Aplikasi
administrasif meliputi dokumen-dokumen yang dimaksudkan untuk penggunaan intern
seperti korespondensi, laporan dan warta.
· Aplikasi
teknis meliputi materi pelatihan seperti slides, overead transparancies, dan
manual.
· Grafik
perusahaan (corporate graphic) meliputi periklanan, brosur dan dokumen lainyang
dimaksudkan untuk digunakan di luar perusahaan.
12.Spread
Sheet
Adalah penggunaan komputer yang
secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk mengolah data.
Diperlukan sebuah software yaitu yang disebut web browser atau kita sebut
browser . Browser digunakan untuk menampilkan halaman web, ada bermacam-macam
browser seperti Navigator dan communicator (Netscape), Internet Explorer
(Microsoft), NCSA Mosaic, Opera dan Lynk. Aplikasi menyampaikan informasi
melalui internet dapat berupa blog, web.
Fenomena yang Mengawali Terbentuknya Kantor Maya
Sehingga dengan adanya kemampuan OA untuk
menghubungi seseorang dengan cara elektronik telah membuka cara baru melakukan
pekerjaan kantor, di manapun pegawai berada dapat melakukan pekerjaan tersebut.
Kemampuan ini disebut Kantor maya. Pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi
geografis manapun selama tempat kerja itu terhubung dengan lokasi tetap
perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik. Dampak Kantor maya,
berkembangnya Telecommuting, yaitu kemampuan komunikasi data dua arah secara
elektronik menggunakan fasilitas komunikasi.
Konsep
Kantor Maya atau Virtual Office adalah
sebuah bentuk aplikasi layanan perkantoran dalam format virtual yang bekerja
secara online.
Kantor Maya muncul karena:
- Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau mobile sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat.
- Didukung mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun. Syaratnya hanya harus terhubung dalam komunikasi elektronik. Untuk keperluan ini banyak perusahaan maupun portal di internet menyediakan jasa kantor maya.
Keuntungan Atas Keberadaan Kantor Maya Atau Virtual
Office, antara lain:
- Pengurangan biaya fasilitas, perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang besar, sehingga mengurangi biaya sewa dan perluasan kantor.
- Pengurangan biaya peralatan, Telecommuter dapat berbagi peralatan seperti halnya para peserta LAN dalam berbagi sumber daya.
- Jaringan komunikasi formal, Meningkatnya perhatian pada kebutuhan telecommuter berpotensi menghasilkan komunikasi yang lebih baik daripada jika semua pegawai bekerja di lokasi yang tetap.
- Pengurangan halangan kerja, Dengan kantor maya, keadaan cuaca tidak mempengaruhi kegiatan transportasi kerja.
- Keuntungan kontribusi sosial, memungkinkan perusahaan mempekerjakan pegawai yang tidak memiliki peluang kerja diluar tempat tinggalnya.
Dengan
adanya pemaparan diatas, saya setuju dan mendukung tentang keberadaan kantor
maya ini, karena selain dapat mengefisiensi dan meningkatkan produktivitas
kegiatan bisnis, juga dapat berkontribusi secara social dengan menciptakan
lapangan pekerjaan baru dimana para pegawai yang tidak memiliki peluang kerja di luar tempat tinggalnya dapat
bekerja di kantor maya. Untuk dapat mempertahankan keberadaan dan
keberhasilan kantor maya, memerlukan upaya selalu berinovasi yang
dilengkapi dengan orang yang punya konsistensi, loyalitas dan kredibilitas
tinggi.
Implementasi
Otomatisasi Kantor/Office Automation (OA)
Blue
Bird Group mengimplementasikan otomatisasi kantor dalam upaya menghadapi
perkembangan zaman dimana transformasi digital sangat dibutuhkan untuk
mengamankan bisnis dan dapat menjadi sarana untuk mengantarkan perusahaan
menjadi pemimpin pasar. Oleh sebab itu, ini sangat penting dilakukan oleh
perusahaan konvensional, apalagi yang memiliki skala besar. Seperti yang telah
kita ketahui, dahulu saat kita ingin memesan taksi, kita perlu menelepon.
Sekarang Blue Bird menghadirkan aplikasi android untuk memesan taksi Blue Bird
Implementasi Aplikasi Office
Automation oleh Blue Bird, antara lain:
- Credit Voucher untuk memudahkan pembayaran melalui penagihan setiap bulan. Dengan adanya aplikasi Credit Voucher Management, perencanaan dan pengendalian pengeluaran transportasi perusahaan menjadi lebih mudah.
- E-mail: customercare@bluebirdgroup.com atau untuk segala keluhan, saran, atau kritik. Karena Blue Bird membutuhkan data-data detail kejadian utk memproses laporan.
- Voice Mail dapat berupa:
- Customer
Care Center: (021) 797 1245, untuk menggantikan fungsi layanan pelanggan dalam
menghadapi keluhan pelanggan. Hal mekanis yang tadinya menggunakan telepon
berarti ada operator yang harus digaji dan waktu yang terbuang, dapat dilayani
lebih efektif dan efisien.
- Order
taksi via telepon, konsumen tidak perlu datang ke
bagian pelayanan order:
a.
BLUE BIRD PUSAKA, Regular Taxis: (021)
79171234/7941234
b.
SILVER BIRD, Executive Taxi: (021)
7981234
c.
GOLDEN BIRD, Limousine & Rental Car:
7944444
d.
BIG BIRD, Charter Bus: (021) 7980808
- Faximile: 7989102, untuk mengirim fax kepada bagian Head Office Blue Bird.
- Customer database, untuk memberi informasi-informasi terkini seputar promo, diskon, dsb yang diadakan Blue Bird. Fasilitas yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Untuk berkomunikasi dengan pelanggan, Blue Bird juga bisa menelpon atau pun sekedar melakukan sms, bahkan jika memiliki data pelanggan semakin lengkap akan semakin lebih baik.
- Payroll database
- CCTV Hidden
Blue Bird “peka” terhadap perkembangan
zaman yang semakin canggih, juga permintaan pasar yang selalu ingin cepat dan
instan. Canggih, cepat, dan instan membuat Blue Bird mengikuti permintaan pasar
dengan meluncurkan sistem pemesanan taksi melalui website dan bahkan aplikasi
smartphone.
- Pemesanan dan pembayaran online melalui website: reservation.bluebirdgroup.com
- Hadirnya aplikasi android untuk memesan taksi BlueBird yaitu My Blue Bird
- Aplikasi Blue Bird Taxi Mobile Reservation memiliki sistem reservasi dan tracking yang terintegrasi dengan infrastruktur Blue Bird yang didukung oleh teknologi Microsoft seperti Windows 8, Office 365, Lync, Sharepoint, dan Exchange.
Daftar Pustaka:
Ali, Hapzi, 2010. https://hapzi-ali.com/daftar-ebook/ebook-sistim-informasi-manajemen/bab-2-peranan-sim-pada-perusahaan/.
(24 September 2017)
Raymond Mc Leod, Management Informastion
System, a Study of Computer-Based Information System, Prentice Hall, 8th
edition, 2001
Wikipedia,
https://id.wikipedia.org/wiki/Kantor_virtual (24 September 2017).
Ranti,
2009. https://ranti89.wordpress.com/2009/12/01/perkantoran-maya-virtual-office/.
Anonym, 2015. https://www.jurnalweb.com/pengertian-virtual-office-dan-keuntungannya/.
(24 September 2017)
Anonim.
http://internetbintaro.blogspot.co.id/2016/12/otomatisasi-ti-dapat-menguntungkan.html.
(27 September 2017)
Maesaroh, Siti, 2017. https://www.slideshare.net/sitimaesaroh946/sipi-siti-maesaroh-hapzi-ali-implementasi-sistem-informasi-pada-blue-bird-group-07-universitas-mercu-buana-2017.
(27 September 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar